Cara mudah Menambah/Mengurangi Daya Listrik PLN Secara Online

Artikel terkait : Cara mudah Menambah/Mengurangi Daya Listrik PLN Secara Online


Cara mudah Menambah/Mengurangi Daya Listrik PLN Secara Online - Bila dulu untuk mengurus sambungan baru atau penambahan daya listrik masyarakat harus melalui proses berbelit dan seringnya melibatkan calo, kini dengan layanan PLN online semua itu sudah tak terjadi lagi. Saat ini cara menambah/mengurangi daya listrik PLN bisa dilakukan lewat internet. Untuk itu masyarakat yang akan mengajukan penambahan atau pengurangan daya bisa menyiapkan syarat-syaratnya antara lain Nomor ID Pelanggan, KTP, alamat email dan uang untuk biaya pengajuan ini

Pertama buka website resmi PLN di www.pln.co.id/pbpd/PD.php. kemudian ketikkan ID Pelanggan dan klik tombol ‘Cari’. Data pelanggan akan keluar, klik pada pilihan Perubahan Daya / Migrasi Online dan lengkapi data-data yang diperlukan. Atau bila data sudah sama dengan data pelanggan di database PLN, cukup centang copy data pelanggan. Pilih menambah atau mengurangi daya. Sesudah itu akan keluar jumlah biaya yang mesti dibayar jika pelanggan mengajukan penambahan daya. Namun jika yang dilakukan adalah mengurangi daya maka gratis.

Sesudah prosedur tadi selesai, pemohon akan mendapatkan e-mail mengenai detil permohonan perubahan daya yang diajukan. Pemohon dipersilahkan meng-klik link konfirmasi yang terdapat di dalam email. Selanjutnya pemohon akan diarahkan ke website PLN untuk disampaikan kode bayar dan jumlah biaya yang mesti dibayar. Pemohon bisa membayar di beberapa lokasi yang ditentukan PLN diantaranya Bank BRI, loket PPOB ataupun lewat kantor Pos terdekat. Cukup dengan menyebutkan kode bayar ke petugas akan langsung bisa memprosesnya.

Proses terakhir pelanggan cukup menunggu hingga pegawai PLN datang ke rumah untuk mengganti unit meteran dan menaikkan daya sesuai permintaan. Meski di website resmi PLN dinyatakan bahwa proses penambahan daya paling lama hanya memakan waktu 7 hari namun di lapangan bisa saja akan cepat atau bahkan lebih dari itu. Bila memang belum ada petugas PLN yang datang silahkan cek secara online di website PLN dengan mengetikkan ID Pelanggan. Maka di sana akan ada progress dari pengajuan penambahan atau pengurangan daya yang diminta.

Artikel Softekh Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Softekh | Design by Bamz