Cara membedakan HP Android Asli dan Palsu

Artikel terkait : Cara membedakan HP Android Asli dan Palsu

Cara Bedakan Android Asli dan Palsu. jumlah pengguna smartphone di Indonesia pada tahun 2014 kini semakin meningkat hingga 2 kali lipat jika dibandingkan dengan jumlah pengguna smartphone pada tahun 2013 kemarin. Khususnya untuk smartphone yang mengusung Sistem Operasi Android.


Hal ini nampaknya menjadi kesempatan emas yang dimanfaatkan oleh beberapa produsen ponsel-ponsel china untuk memproduksi smartphone dengan harga yang terjangkau namun memiliki fitur yang tak kalah mewah dari smartphone-smartphone mahal seperti Samsung galaxy dan Nokia X yang merupakan smartphone android pertama milik Nokia.
Namun sayangnya beberapa produsen smartphone yang tak perlu kami sebutkan namanya sengaja untuk membuat kloning dari produk-produk mewah layaknya Samsung Galaxy S4 serta smartphone milik Apple yakni iPhone.
Para pembuat smartphone palsu ini sengaja menjiplak bukan hanya dari segi bentuk fisiknya namun juga dari segi fitur, menu, tampilan, Sistem operasi, serta namanya dan serinyapun sama yang dengan yang asli. Namun jangan salah, untuk segi kualitas, smartphone Samsung Galaxy S4 palsu ini sangat jauh jika dibandingkan dengan tipe yang asli.
Nah, agar anda tidak tertipu saat membeli smartphone Android, khususnya untuk tipe smartphone berkelas seperti Samsung Galaxy S4, maka simak beberapa tips dibawah ini.

Cara Bedakan Android Asli dan Palsu

Ada tiga cara bedakan android asli dengan yang palsu yang sekiranya sangat mudah dan efektif diantara cara-cara lainnya untuk mengecek keaslian pada smartphone Android.
1. Pengecekan melalui IMEI
Cara ini sangat efektif dan juga sangat dianjurkan untuk dilakukan saat pertama kali anda membeli smartphone android. Pada dasarnya semua smartphone seperti Android, BlackBerry maupun iPhone memiliki nomor IMEI untuk menunjukkan identitas dimana produk tersebut dibuat, tanggal dan tahun pembuatan, serta nomor serial produk tersebut.
Nah, untuk mengecek IMEI ini anda dapat menekan *#06# setelah itu kode IMEI smartphone anda akan muncul (15 digit angka). Namun apabila ternyata smartphone anda tidak merespon panggilan tersebut, dapat dipastikan smartphone tersebut palsu.
Untuk Cara lain mengecek IMEI anda dapat masuk ke Setting > About Phone > Status. Selanjutnya jika IMEI pada Smartphone sudah anda ketahui, jangan lupa untuk mencocokkan dengan nomor IMEI yang tertera pada dosbook smartphone anda.
Hal ini juga sangat penting untuk mengecek apabila smartphone anda merupakan barang baru atau barang bekas yang diperbarui.
2. Pengecekan Melalui Aplikasi Benchmark
Cara kedua ini cukup simpel dan efektif, anda hanya perlu mengunduh aplikasi Benchmark di Google Play, setelah itu jalankan dan lihat apakah spesifikasi smartphone android anda sama dengan yang tertera pada aplikasi.
Aplikasi Benchmark ini biasanya juga digunakan untuk mengukur peforma smartphone apakah masih prima atau ada masalah pada sistem smartphone.
3. Pengecekan Melalui Kamera
Ambil sebuah foto menggunakan smartphone android anda lalu copy foto tersebut pada laptop/ komputer Windows.
Setelah foto sudah tercopy pada komputer, klik kanan lalu pilih Properties.
Selanjutnya akan muncul kotak keterangan foto/gambar, lalu klik pada bagian Details.
Nah pada bagian ini anda dapat mengetahui Merk dan Tipe HP yang digunakan untuk mengambil gambar. Jika sesuai berarti smartphone anda asli, namun jika tidak anda tahu yang saya maksud. 😀
Sekian ulasan mengenai Cara Bedakan HP Android Asli dan Palsu.Semoga bermanfaat.

Artikel Softekh Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Softekh | Design by Bamz