Mengatasi RAM pada Android Cepat Penuh

Artikel terkait : Mengatasi RAM pada Android Cepat Penuh


Saat menggunakan gadget android anda, tiba-tiba terasa lemot? Salah satu faktor penyebab kinerja gadget android menjadi lambat yakni ruang penyimpanan atau RAM bekerja ekstra karena menjelankan banyak aplikasi.

 Ruang penyimpanan pada gadget cepat penuh, terjadi akibat banyak hal tanpa kita sadari. RAM yang penuh akan berdampak pada melambatnya kinerja gadget dan mengakibatkan lag saat menjalankan aplikasi.

 Untuk itu tim teknonetwork.com akan memberikan tips agar RAM di android tidak cepet penuh yang dapat anda praktekan pada gadget anda.


  • Cari dan Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai
Kenapa aplikasi dihapus? Alasannya karena aplikasi tersebut jarang dipakai atau tak pernah digunakan. Lalu untuk apa anda pertahankan aplikasi tersebut? Alasan lainnya karena terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada gadget Android akan mengakibatkan RAM penuh.

Tips menghapus aplikasi pada Android yakni masuk ke setting dan pilih aplikasi yang ingin dihapus, gunakan clear data dan clear cache sebelum memilih uninstall. Gunanya disini untuk menghilangkan data-data yang masih tersimpan walah telah di uninstall. 
  • Gunakan Aplikasi RAM Manager 
RAM Manager tersedia dalam versi gratis dan pro. Berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk manajemen RAM android sesuai kebutuhan. Beberapa profil yang tersedia antara lain more free memory untuk memori bebas lebih banyak, balance for everyday using untuk kestabilan penggunaan setiap hari, multitasking mode untuk multitasking berat, sampai mode hard gaming untuk penggunaan game berat. 
  • Gunakan Aplikasi XBooster 
Pada awalnya, nama aplikasi ini adalah Boost My Experia. Dibuat oleh seorang member forum xda ber-username gagan.u20, dan aplikasi ini banyak digunakan pada ROM-ROM xperia yang muncul kemudian. Namun saat ini, aplikasi ini sudah tersedia secara global untuk semua merk android (tidak hanya Xperia) dan membawa nama XBooster. Fungsi dari aplikasi ini adalah melakukkan boosting RAM android. Singkatnya, mirip dengan task killer namun lebih bagus dalam performanya. 
  • Atur kembali penyimpanan media 
Atur kembali file-file yang terdapat pada media penyimpanan khususnya memori internal. Apabila file media pada perangkat gadget telah sesak atau penuh, ada baiknya ditransfer ke komputer atau media penyimpanan lainnya seperti memori eksternal. 
  • Bersihkan Cache dan Data secara Berkala 
Gadget Android apabila digunakan dengan waktu yang lama, cache juga akan bertambah dengan seiringnya waktu. Untuk itu, anda harus membersihkan cache secara berkala. Caranya, masuk ke dalam setting lalu pilih storage dan clear data. 

Artikel Softekh Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Softekh | Design by Bamz